Saturday, 05 August 2017

Engklek

Oleh:

Permainan Engklek ini seringkali disebut permainan Zondag Mandag karena berasal dari belanda. Ada pula yang bilang permainan ini berasal dari Inggris, namanya Hopscotch, bahkan permainan ini sudah ada dari zaman romawi! Di Indonesia sendiri namanya pun jadi bermacam-macam. Ada teklek, ingkling, jlong jiling, dsb! Permainan engklek mengajarkan kita untuk bekerja keras untuk mencapai tujuan.

 

Cara Bermain :
Peserta yang mendapat giliran pertama harus melempar gacoannya (koin atau batu gepeng) ke kotak paling bawah dari gambar permainan engklek, lalu peserta harus  melompat dengan satu kaki di setiap kotak hingga ke puncak dan kembali lagi bawah sambil mengambil gacoan tanpa menginjak garis. Kemudian peserta itu melempar lagi gacoan ke kotak ke dua, dan seterusnya sampai ke puncak, lalu kembali lagi ke kotak pertama. Setelah itu, peserta boleh memiliki kotak sebagai rumahnya dengan cara melempar gacoan sambil membelakangi gambar permainan. Kotak yang sudah jadi rumah tidak boleh diinjak oleh pemain lain. Peserta yang menginjak garis harus berhenti main, digantikan oleh peserta lainnya.

 

Saat melompat akan membuat tubuh kita berkeringat & terkena udara dingin. Agar tak masuk angin usapkan Cap Lang Kayu Putih sebelum dan sesudah bermain engklek.