Friday, 04 August 2017

Boy-Boyan

Oleh:

Permainan ini tersebar di seluruh pelosok Indonesia dengan berbagai nama, di Pati Jawa Tengah permainan ini disebut Gaprek, di Banyumas disebut Gunung Gugur, di Jakarta di sebut Bola Gebok atau gebokan. Permainan ini melatih agar kita lebih gesit dan cekatan.

 

Cara Bermain :
Seluruh pemain dibagi menjadi 2 regu, tim penjaga dan tim pelempar. Tim penjaga harus menyusun pecahan genting, Tim pelempar harus merobohkan susunan genting dari jarak 5 meter dengan memakai bola tenis.
Kalau susunan pecahan genting roboh, tim pelempar harus menyusun genting itu sambil menghindari bola yang akan dilempar oleh tim penjaga. Yang terkena bola harus keluar dari permainan.
Tim pelempar akan menang bila mereka bisa menyusun kembali pecahan genting yang roboh, sedangkan tim penjaga menang kalau dapat membuat tim pelempar tak bisa menyusun genting kembali.

 

Bermain boy-boyan di tempat terbuka akan membuat tubuh sangat rawan terkena gatal-gatal akibat gigitan serangga, untuk itu usapkan Cap Lang Kayu Putih sebelum dan sesudah bermain!