Monday, 12 July 2021

Yuk, Ajari si Kecil Bertanggung Jawab Selama Pandemi!

Bun, mengajarkan si Kecil bertanggung jawab itu penting banget, lho! Apalagi di masa pandemi begini.
 
Tanggung jawab itu gak sebatas mengerjakan PR sekolah atau berperilaku baik, tapi juga bagaimana dia bisa menjaga kebersihan, mengikuti protokol kesehatan yang berlaku, dan juga belajar tentang konsekuensi.
 
Begini Bun, cara mengajari tanggung jawab pada si Kecil:
 
1. Bicarakan dengan si Kecil tentang apa itu tanggung jawab dan protokol kesehatan. Beri tahu si Kecil mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan di masa pandemi.
 
2. Beri contoh perilaku bertanggung jawab pada si Kecil karena anak-anak belajar melalui meniru. Misalnya, Ayah dan Bunda selalu memberi contoh untuk pakai masker sebelum ke luar rumah.
 
3. Jika si Kecil menunjukkan perilaku tidak bertanggung jawab, hukum dan jelaskan mengapa dia harus dihukum. Ini juga untuk mengajarkan si Kecil tentang konsekuensi dari suatu perilaku.
 
4. Ajak si Kecil melakukan pekerjaan rumah dan menaati protokol kesehatan agar ia mulai terbiasa untuk bertanggung jawab dengan dirinya sendiri.
 
5. Beri si Kecil pemahaman tentang menaati protokol kesehatan, berarti melindungi diri dan orang lain dari penyakit.
 
Bunda bisa mengawali dengan memberinya contoh dan mengajarkan hal kecil seperti membiasakan si Kecil memakai masker dua lapis ketika harus ke luar rumah. Dari sana, Bunda bisa mengajarkan ke hal yang lebih besar seperti membersihkan rumah bersama.
 
 
#KeluargaCapLang
#CapLangKayuPutih
#CapLangKayuPutihPlus
#HangatnyaMelindungi