Tuesday, 03 March 2020

Waspada penyakit di saat banjir!

Banjir bukan hanya berdampak kepada kerusakan infrastruktur bangunan atau fasilitas umum saja, namun juga berdampak buruk pada kesehatan bagi orang dewasa dan si Kecil. Karena air kotor serta tumpukan sampah bisa menjadi sumber penyakit.

Tahukah Bunda ada beragam penyakit yang mengintai si Kecil saat banjir, seperti:

1.      Diare.

Penyebab diare biasanya disebabkan oleh konsumsi makanan dan minuman yang tercemar oleh air banjir, ditambah kebersihan sekitar yang tidak terjaga juga menjadi salah satu faktor terkena Diare.

2.      Demam Berdarah.

Demam berdarah ketika banjir disebabkan oleh nyamuk Aedes Agepty yang berpotensi muncul akibat tumpukan sampah, genangan air dan rongsokan di area yang lembab. Maka dari itu untuk mencegah berkembangnya nyamuk Aedes Agepty Bunda harus sering membersihkan barang-barang yang menumpuk, membuang barang yang tidak diperlukan lagi, dan mengeringkan area yang berpotensi menyebabkan genangan.

3.      Leptospirosis.

Merupakan penyakit yang ditularkan oleh hewan. Saat banjir melanda penyakit ini datang dari urine tikus yang sudah tercemar aliran dan juga selokan. Terendam di air banjir menjadi berbahaya terkena Leptospirosis. Jika terpaksa atau terlanjur terkena air segera bersihkan tubuh dengan air bersih dan gunakan sabun pembersih.

4.      Tipus

Tipus atau dinamakan demam tifoid disebabkan oleh bakteri Salmonella Enterica Serotype Typhi dan muncul karena makanan yang tidak bersih, sehingga mengganggu saluran pencernaan. Untuk mencegah penyakit ini, sebaiknya Bunda selalu mengajak anggota keluarga dan si Kecil untuk rutin mencuci tangan sebelum makan ya.

5.      ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas)

Saluran pernapasan bagian atas adalah organ tubuh yang paling mudah terpapar virus seperti influenza, sehingga si Kecil jadi mudah pilek dan batuk. Pilek dan batuk juga bisa dipicu oleh udara yang dingin, karenanya Bunda jangan lupa untuk selalu mengusapkan Cap Lang Kayu Putih untuk menghangatkan si Kecil serta mencegahnya kedinginan dan masuk angin.

 

Semoga bencana banjir cepat surut dan kesehatan keluarga tetap terjaga ya Bun.

Bunda Tau Kamu Bisa Bantu Bunda, Nak!

Kalau pernah berarti Bunda punya harapan yang besar untuk si Kecil untuk hidup lebih mandiri, khususnya dalam situasi PSBB ini yang menjadi momen yang tepat.