Friday, 02 August 2019

Tips Persiapan si Kecil Semangat Menyambut Hari Pertama Sekolah

Liburan panjang telah usai. Kini saatnya mempersiapkan si Kecil untuk menyambut hari pertama sekolah. Momen menyambut hari pertama si Kecil masuk sekolah pasti merupakan momen yang membahagiakan bagi semua orangtua. Si Kecil akan memulai aktivitas belajar dan bermain bersama teman-teman dan guru di sekolah sebagai tahap tumbuh kembang selanjutnya dalam fase kehidupan.

Bersekolah artinya si Kecil akan bertemu orang-orang baru dan suasana baru yang belum pernah ia temui sebelumnya. Tidak semua anak bersemangat ketika ia harus bertemu orang baru dan suasana baru. Disinilah si Kecil berlatih kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. 

Sebagai Bunda, pastilah ada rasa khawatir saat si Kecil masuk di hari pertama sekolah nanti. Ketakutan ini wajar mengingat ini pertama kalinya si Kecil akan berada di lingkungan yang baru ditemuinya dengan teman-teman baru dan terpisah dalam waktu cukup lama dengan Bunda. Kekhawatiran Bunda bisa berupa banyak drama, si Kecil menangis, si Kecil tidak mau sekolah, tidak mau terpisah dengan Bunda, tidak mau berteman, dan kekhawatiran lainnya. 

Setiap Bunda pasti menginginkan si Kecil dapat melalui hari pertama sekolah dengan semangat, gembira, dan no drama. Bunda bisa melewati pengalaman menyenangkan saat si Kecil memulai hari pertama di sekolah jika mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik-baiknya. Nah, persiapan menyambut hari pertama si Kecil masuk sekolah sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya, yaitu selama masa liburan.

Berikut ini beberapa Tips si Kecil semangat menyambut hari pertama sekolah : 
1. Membiasakan jadwal tidur di malam hari lebih awal

Selama liburan, sebaiknya anak tetap dibiasakan tidur lebih awal dan bangun pagi. Ketika sudah mulai masuk sekolah, ia tetap terbiasa dengan rutininas bangun pagi.

Dan saat keesokan harinya sekolah, malam sebelumnya si Kecil harus mendapatkan istirahat yang cukup dengan tidur lebih awal. Jika waktu tidur cukup, saat bangun keesokan harinya tubuhnya pun jadi lebih segar, tidak tergesa-gesa dan tidak terlambat ke sekolah. 

2. Mengajak si Kecil berkunjung ke sekolah barunya

Bunda dapat membawa si Kecil melihat-lihat suasana sekolah barunya. Ajak si Kecil berkeliling melihat kelas, perpustakaan, toilet, dan ruang guru. Bisa juga berkenalan dengan guru-guru yang akan mengajar. Tujuannya agar si Kecil merasa dekat dan nyaman karena sudah saling kenal saat bertemu nanti.

3. Siapkan perlengkapan sekolah bersama si Kecil

Bunda bisa mengajak si Kecil membeli perlengkapan sekolah baru. Ajak si Kecil memilih sendiri tas sekolah, alat tulis, kotak makan dengan gambar, bentuk lucu dan warna favoritnya. Kegiatan ini bisa membangkitkan semangatnya untuk hari pertama sekolah.

4. Berikan gambaran bahwa sekolah adalah tempat bermain dan belajar yang menyenangkan 

Bunda dapat menceritakan hal-hal positif tentang sekolah agar si Kecil semangat. Katakan bahwa di sekolah nanti , ia akan mendapat banyak teman baru yang baik, bisa bermain sambil belajar, bertemu guru-guru yang ramah dan baik hati mengajar. Ciptakan suasana hati si Kecil riang gembira dan bersemangat menyambut hari pertama sekolahnya.

5. Menyiapkan menu favorit untuk bekal sekolah

Tanyakan si Kecil pada malam sebelumnya menu sarapan favorit dan makanan favorit yang ingin ia bawa untuk bekal sekolah. Saat pagi hari, si Kecil semakin ceria sarapan dengan menu istimewa favoritnya. Ingat Bunda, sarapan sangat penting sebagai asupan nutrisi dan energi untuk beraktivitas di sekolah. 

7. Mengantar si Kecil ke sekolah

Mengantar si Kecil di hari pertama sekolah bisa menumbuhkan semangat anak untuk sekolah. Ia merasa sangat dicintai dan disayangi oleh orangtuanya. Hal ini dapat meningkatkan rasa percaya dirinya. Berikan kata-kata positif yang bisa mendukung dan memotivasi si Kecil semangat ke sekolah.

Temani selama beberapa waktu sehingga anak merasa aman dan perlahan rasa percaya diri akan tumbuh dengan sendirinya. Ajak berinteraksi dan berkenalan dengan teman-temannya. Setelah ia bisa beradaptasi, maka Bunda dapat melepas si Kecil sendirian di sekolah.

Selain persiapan di atas, hal yang terpenting adalah menyiapkan kesehatannya. Penuhi kebutuhan nutrisi si Kecil dengan makanan sehat dan bergizi lengkap. Makanan 4 sehat 5 sempurna sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang optimal dan menunjang kekuatan fisik dan kemampuan berfikirnya di sekolah nanti.

Kesehatan si Kecil perlu dijaga dengan rajin mengusapkan Cap Lang Kayu Putih Plus saat tidur di malam hari agar si Kecil selalu terlindungi dari gigitan nyamuk yang bisa membahayakan kesehatannya. 

Dan jangan lupa berikan dekapan hangat Bunda buat si Kecil. Karena dekapan Bunda mampu menenangkan hati si Kecil yang gugup dan membuat nyaman, juga meningkatkan rasa percaya diri di Kecil menyambut hari pertama di sekolahnya. 

Aku pun siap menemani si Kecil Angela menyambut hari pertama di sekolah dengan kehangatan Cap Lang Kayu Putih. Angela bersemangat memulai hari pertama di sekolahnya.
Terima kasih Cap Lang Kayu Putih yang memberikan kehangatan dan perlindungan buat si Kecil sehingga ia tetap ceria dan semangat ke sekolah.

Selamat Kembali ke Sekolah !