Friday, 04 May 2018

#Sharenting - Batasi dan Dampingi, Kunci Atasi Kecanduan Gadget pada Anak

Gadget adalah salah satu alat yang tak dapat terpisahkan dari kehidupan kita di era digital seperti sekarang ini. Maka tak heran jika sedari kecil anak sudah mengenal gadget. Menjadi tantangan dan PR tersendiri bagi Penulis dan para Ibu lainnya agar gadget dapat memberi lebih banyak nilai positif dan memperkecil nilai negatifnya. Jangan sampai anak-anak generasi digital ini jadi kecanduan gadget. Selain jadi anti sosial, kecanduan gadget dapat memperburuk fungsi penglihatan, berkurangnya jam tidur, malas gerak dsb.

Kunci utama atasi kecanduan pada anak adalah batasi dan dampingi. Pertama adalah batasi penggunaan gadget pada anak. Sebagai contoh jam maksimal anak diatas 5 tahun menggunakan gadget adalah 2 jam/hari. Tentukan kapan waktu anak bisa bermain gadget, setelah mengerjakan PR misalnya. Hindari terlalu malam memberi anak gadget karena radiasi handphone dapat memicu anak tidak mengantuk. Sehinggga jam tidur anak terganggu. Buatlah jadwal bebas gadget untuk seluruh anggota keluarga. Contohnya: setelah jam 18.00 tak ada anggota keluarga yang memegang gadget. Kegiatan anak bisa diganti dengan belajar, menyusun puzzle, dibacakan buku cerita atau sekedar mengobrol dengan orang tua.

Dampingi anak saat bermain gadget. Sebagai contoh, anak pertama saya berumur 6 tahun sudah bercita-cita menjadi Youtuber Gamer. Ternyata dia paling suka Mamanya ikut berkolaborasi saat merekam jalannya permainan. Jadikan momen ini sebagai bonding mama dan anak. Beri juga batasan apa saja konten atau aplikasi yang boleh diunduh atau apa sja yang tidak boleh dilihat. Setel aplikasi seperti Youtube atau penyedia aplikasi dengan mode anak/ mode terbatas. Jangan terlalu memberi keleluasaan berinternet caranya dengan batasi penggunaan data/ kuota. Cek juga secara berkala history, game atau aplikasi yang diunduh anak.

Hal yang tak kalah penting adalah beri anak mainan alternatif selain gadget. Boneka, mobilan, puzzle atau buku cerita. Diusahakan anak bermain dengan teman sebaya agar anak dapat terus bersosialisasi. Ajaklah anak beraktifitas di luar ruang seperti mengajak anak bermain di playground, taman, alam seperti pantai, gunung dan air terjun. Agar pikiran anak tidak melulu bermain gadget. Selalu sediakan Minyak Kayu Putih Cap Lang saat anak berkegiatan diluar agar terhindar dari gigitan nyamuk. Sebagai orangtua baiknya kita jadi role model dengan mengurangi penggunaan gadget. Selamat mencoba!

Bunda Tau Kamu Bisa Bantu Bunda, Nak!

Kalau pernah berarti Bunda punya harapan yang besar untuk si Kecil untuk hidup lebih mandiri, khususnya dalam situasi PSBB ini yang menjadi momen yang tepat.