Friday, 22 November 2019

Sentuhan Ibu Untuk Melewati Masa Krusial Anak

Buah hati menjadi fokus utama setiap orang tua di dunia terutama mereka yang baru dianugerahi seorang anak, berbagai pemenuhan kebutuhan anak direncanakan dan dipersiapkan dengan matang bahkan sebelum anak tersebut lahir. Permenkes No. 25 tahun 2014 Pasal 6 ayat 1b dalam kebijakan tersebut, Kemenkes RI merekomendasikan setiap ibu hamil untuk memeriksakan kandungannya secara berkala setidaknya empat kali. Pengecekkan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi dan perkembangan bayi. Perencanaan matang juga dipersiapkan ketika bayi lahir dengan mempersiapkan segala perlengkapan, pemenuhan kebutuhan nutrisi anak, buku-buku dan berbagai informasi seputar anak hingga ke rencana pendidikannya ke depan.

Namun terdapat masa krusial pada anak yaitu ketika anak lahir hingga berusia dua tahun. Masa ini menjadi krusial dan sangat penting, karena suplai ASI harus tetap dijaga sebagai kebutuhan pokok dan imun dasar bagi anak. ASI yang diberikan kepada anak akan lebih baik melalui pelukan, dekapan atau gendongan karena memiliki begitu banyak manfaat, di antaranya:

  • Mengurangi rasa sakit, ketika berada dalam pelukan ibu, bayi akan memiliki kesempatan bertahan hidup lebih besar, dalam memelajari respons bayi ketika dipeluk ibu, para peneliti menemukan bahwa detak jantungnya melambat sejak diangkat dan juga berhenti bergerak-gerak atau rewel. Melihat dari sebuah penelitian di Rumah Sakit Anak Eastern Ontario dan Universitas Ottawa bahwa menggendong berarti berbicara kepada bayi, gerakan, kehangatan, semuanya bisa mengurangi respons terhadap rasa sakit pada bayi baru lahir.

  • Merangsang perkembangan otak sosial anak, anak yang sering didekap atau mendapat sentuhan ibu sejak kecil akan memiliki tendensi kepada peningkatan kecerdasan emosional dan lebih mudah bergaul ketika dewasa. menurut Annett Schirmer, manfaat rangsangan pada otak tersebut bersifat permanen, karena bayi akan belajar mengenai tekstur berdasarkan sentuhan dari ibu. Pengenalan ini membuat kecerdasan kognitifnya juga akan berjalan. Ditambah lagi dengan adanya rasa rileks yang memudahkan anak atau balita menyerap pengetahuan baru. 

Sehingga sentuhan lembut seorang ibu sampai usia dua tahun akan menumbuhkan kepercayaan bahwa keberadaannya diinginkan dan menghidari dari sifat anak menjadi seorang pemberontak kelak. Maka peran ibu sangat penting untuk menumbuhkan rasa percaya tersebut. Serta menjaga kenyamanan dan kehangatan tubuh anak juga tidak kalah penting yang dapat dilakukan dengan memberikan produk-produk yang aman seperti produk CAP LANG KAYU PUTIH. Dengan mengoleskannya pada siang dan sore hari sebelum anak tertidur, selain dapat menjaga tubuh anak tetap hangat, juga bermanfaat untuk menjaga tubuh anak dari gigitan nyamuk.

Bunda Tau Kamu Bisa Bantu Bunda, Nak!

Kalau pernah berarti Bunda punya harapan yang besar untuk si Kecil untuk hidup lebih mandiri, khususnya dalam situasi PSBB ini yang menjadi momen yang tepat.