Tuesday, 15 October 2019

Sekejap Dekapan Sejuta Kasih Sayang

Dahulu saya adalah seorang pekerja kantoran. Saya bekerja di Jakarta dan anak saya tinggal bersama ibu saya di Kebumen. Saya berjumpa dengan anak saya hanya setiap Jum'at, Sabtu dan Minggu. Sampai-sampai teman saya menjuluki saya petugas PJKA (Pulang Jum'at Kembali Ahad). Semua ini saya lakukan karena saya merasa belum bisa memberikan yang terbaik untuk anak saya dalam hal materi. 

 

Lama-lama saya merasa lelah dan sedih. Lelah karena saya harus mondar-mandir dari Jakarta ke Kebumen setiap minggu. Sedih karena saya merasa anak saya bukan semakin hari dekat dengan saya tapi dekat dengan ibu saya. Dan hati saya semakin hancur ketika anak saya sakit. Dia tidak mau dengan saya. Digendong ataupun saya peluk saja tidak mau. Seketika itu juga air mata saya menetes kencang.

 

"Apa yang salah dengan saya?"

 

Semua kasih sayang telah saya berikan tapi kenapa anak saya semakin menjauh dari saya. Semua rasa dan pertanyaan campur aduk saya rasakan. 

 

Setelah ibu saya menenangkan dan menidurkan anak saya, beliau mengusap punggung saya dan berkata, "anak itu gak cuma cukup dikasih kasih sayang berupa materi saja,tapi pelukan hangat dari seorang ibu itu juga penting. Walaupun itu sederhana dan hanya sekejap tapi memiliki sejuta rasa kasih." Begitulah ucap beliau. Karena setiap malam sebelum tidur beliau lah yang selalu mendekap dan menyanyikan lagu nina bobo untuk anak saya.

 

Sejak itu saya akhirnya memutuskan untuk keluar dari pekerjaan saya. Tinggal bersama ibu saya dan anak saya. Dan kini saya telah dianugerahi dua orang putra yang masih balita. Dan masih terus belajar menjadi seorang ibu yang baik untuk kedua anak saya.

 

Dari pelajar berharga yang telah saya lalui saya memetik hikmahnya,  yaitu:

 

1. Kasih sayang itu bukan sekedar materi saja tapi non materi juga sangat berharga. Contohnya adalah dekapan hangat seorang ibu. 

 

2. Dekaplah anak kapan saja dan dimana saja selagi kita bisa berikan. Karena dekapan memberikan ikatan batin antara seorang anak dan ibu semakin kuat. 

 

3.Dekapan itu tidak hanya diberikan dari seorang ibu saja tapi juga dari keluarga. Baik itu ayah, nenek ataupun kakek. 

 

Oleh karena itu sekarang saya selalu memberikan dekapan hangat saya kepada anak anak saya sebagai wujud kasih sayang saya sebagai seorang ibu. Baik itu saat mereka akan tidur, mau belajar dan terutama saat mereka sakit. Pelukan hangat ditambah dengan usapan minyak kayu putih Cap Lang saya berikan. Agar mereka senantiasa hangat,tenang dan nyaman.

 

Semoga kisah saya bisa menginspirasi ibu-ibu saat ini. Apalagi bagi ibu yang pekerja juga. Semoga mereka selalu dapat meluangkan waktu,walau hanya sekejap untuk mendekap anaknya. Untuk membuktikan kasih sayangnya. Seperti lagu 'Kasih Ibu', bahwa kasih sayang seorang ibu itu sepanjang masa dan tak mengharapkan imbalan apapun. 

 

Salam hangat

 

 

 

Lestari

 

#DekapanHangatKasihSayang

 

#KeluargaCaplang

 

 

 

Bunda Tau Kamu Bisa Bantu Bunda, Nak!

Kalau pernah berarti Bunda punya harapan yang besar untuk si Kecil untuk hidup lebih mandiri, khususnya dalam situasi PSBB ini yang menjadi momen yang tepat.

Bunda, Kok Larang Aku Main Keluar Terus, sih?

Ya, memang efek new normal dan PSBB ini kan merubah aktivitas kesehariannya dia, terutama ketika mau main di luar. Tapi pasti Bunda agak bingung juga kan untuk menjawabnya? Ya bukan?