Tuesday, 15 October 2019

Sejuta Manfaat dalam Dekapan

Menjadi seorang ibu adalah anugerah luar biasa buat saya. Perjalanan seorang ibu tak akan terhenti oleh apapun. Menjadi ibu adalah proses belajar tanpa akhir. Memahami karakter anak dengan segala tingkahnya yang berbeda membuat saya akan terus belajar dan belajar bahwa setiap anak itu unik dengan kecerdasan yang berbeda. Lahirnya seorang anak ke dunia tidak ada yang nakal namun sebuah proses belajar untuk anak menjadi pintar.

4 September 2016 saya resmi menjadi ibu dari Arsakha Virendra dengan proses persalinan normal. Alhamdulillah. Sejak itu saya disebut ibu, rasa cemas menghantui apakah bisa mengurus bayi sendiri, bagaimana dengan ASI eksklusifnya, dan lain sebagainya. Kembali lagi bahwa menjadi ibu adalah proses belajar, sehingga setiap detik saya mencoba belajar mengurus anak bersama suami dengan segala kerepotan yang terjadi setiap hari. Waktu terus berlalu hingga Sakha berusia 3 tahun, alhamdulillah ia tumbuh menjadi anak yang sehat, aktif, dan ceria. Semua itu karena Sakha tumbuh dalam perawatan maksimal dan dekapan hangat setiap saat.

Sakha yang sedang aktif-aktifnya mengeksplor lingkungan membuat saya harus ekstra waspada dalam pengawasan. Ia sering main di playground dan berlari-larian di taman, saya pun tidak melarangnya karena saya tidak khawatir dengan nyamuk di luar berkat Cap Lang Kayu Putih Plus yang melindungi tubuh mungilnya dari gigitan nyamuk hingga 8 jam. Jadi, amaaan deh. Tak jarang ketika berlari Sakha terjatuh dan berdarah, tangisan pun terdengar sangat nyaring. Saya pun menghampiri dan memeluknya seraya berkata, "lain kali hati-hati ya, nak". Ia pun kembali tersenyum dan lupa akan sakitnya karena dekapan hangat seorang ibu yang membuat nyaman dan bahagia.

Yuk bunda berikan dekapan hangat setiap saat karena mempunyai sejuta manfaat. Selama ini saya merasakan manfaat dari dekapan setiap saat, antara lain:

1. Meningkatkan bonding antara ibu dan anak sehingga terbentuk ikatan batin yang kuat.

2. Dekapan bukan hanya sekadar tanda kasih sayang namun bisa membuat anak menjadi lebih pintar, dengan dekapan akan berdampak pada perkembangan otak anak.

3. Menghindarkan anak dari rasa cemas dan stres. Kebiasaan memeluk anak akan melepaskan zat kimia tertentu di otak yang meningkatkan kebahagiaan dan menurunkan hormon stres pada anak.

4. Mentransfer energi baik pada anak sehingga kelak anak menjadi orang yang empati dan penuh kasih sayang.

5. Memperkuat sistem kekebalan tubuh pada anak. Dengan dekapan akan melepaskan hormon oksitosin ke dalam aliran darah yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh pada anak.

Dan masih banyak lagi manfaat yang bisa kita dapatkan, untuk itu jangan lupa bagi para Bunda untuk memberikan dekapan pada buah hati tercinta setiap hari dan rasakan sejuta manfaatnya.

Sekian dan terima kasih.

Semoga bermanfaat.

#DekapHangatSetiapSaat

#CapLangKayuPutih

#CaplangSharenting

 

Bunda Tau Kamu Bisa Bantu Bunda, Nak!

Kalau pernah berarti Bunda punya harapan yang besar untuk si Kecil untuk hidup lebih mandiri, khususnya dalam situasi PSBB ini yang menjadi momen yang tepat.