Friday, 22 November 2019

Sehat dengan Dekapan

Hai Bunda.

Ternyata dokter dan obat bukanlah penawar mujarab bila si Kecil sakit. Ada satu obat yang dapat menyembuhkan anak ketika sakit dalam sekejab. Obat tersebut adalah PELUKAN kasih sayang.

Hal ini sudah saya buktikan sendiri ketika anak demam. Bahkan saat berkonsultasi, dokter pun menyarankan agar saya lebih banyak memberi sentuhan fisik kepada anak. Maka, saya semakin mengerti bahwa sebesar itulah dampak sentuhan ibu terhadap kesehatan buat hatinya.

Seluruh bagian di kulit kita memiliki organ perasa, dari ujung kaki hingga kepala adalah area yang sensitif bila disentuh. Bahkan ketika bayi masih di dalam kandungan walau dilindungi air ketuban, ia sangat menyukai sentuhan kasih sayang dari kedua orangtuanya. Jika sering disentuh, bayi dalam kandungan akan tumbuh menjadi bayi yang sehat dengan pertumbuhan yang bagus. Selain itu secara psikis bayi akan tumbuh menjadi seorang yang penyayang.

Jangan biarkan mereka sendirian saat sakit.  Peluklah... Karena dengan memeluk, mereka akan merasa nyaman. Sehingga kekebalan tubuh dan kesehatan mereka pun akan jauh lebih baik.

Penelitian menunjukkan di saat kita berpelukan tubuh kita melepaskan oxytocin, yaitu hormon yang berhubungan dengan perasaan damai dan cinta. Hormon inilah yang membuat jantung dan pikiran kita menjadi sehat. Hormon ini keluar jika kita merasakan damai tentram.

Anak-anak yang sering disentuh, dibelai dan dipeluk oleh orangtuanya juga akan tumbuh menjadi anak yang sehat. Mereka akan merasa nyaman dan memiliki kepercayaan diri. Pertumbuhan dan kesehatan pun lebih bagus dibanding dengan anak-anak yang jarang dipeluk.

Pada orang dewasa pun, sentuhan dan pelukan sangat berarti, lho... apalagi pada saat sedang depresi atau stres. Dengan berpelukan, akan timbul perasaan diperhatikan, dicintai, dan dibutuhkan. Seluruh kulit sangat peka dengan pelukan, dan sangat membutuhkan sentuhan yang hangat dan erat. Bayangkan jika sedang sakit namun tidak ada orang-orang yang kita sayangi berada di sekitar kita? Pasti kita merasakan frustasi.

Pelukan  mampu memberikan energi positif pada emosi orang yang sedang sakit. Sehingga bisa mengubah aura negatif menjadi positif. Jadi seandainya ada orang yang kita sayangi sedang sakit, obat yang paling mujarab selain terapi obat adalah terapi pelukan.

Cinta adalah kekuatan yang maha dahsyat, dan pelukan adalah salah satu cara untuk menyatakan cinta. Yuk kita buktikan. Jika anak sakit, jangan panik ya Bun. Peluklah si Kecil dan rasakan dampaknya. ^^

Bunda Tau Kamu Bisa Bantu Bunda, Nak!

Kalau pernah berarti Bunda punya harapan yang besar untuk si Kecil untuk hidup lebih mandiri, khususnya dalam situasi PSBB ini yang menjadi momen yang tepat.