Wednesday, 22 January 2020

Redakan Demam Dengan Dekapan

Mendekap si Kecil saat panas, tubuh si Kecil akan mencari permukaan yang bersuhu lebih rendah yaitu tubuh Ayah atau Bunda. Panas tubuh si Kecil akan terserap oleh permukaan kulit Ayah atau Bunda yang lebih sejuk dan demam berangsur menurun. Selain bisa menurunkan panas, cara ini juga bisa menguatkan ikatan batin dengan si Kecil.

Untuk melakukan metode ini, dekap anak di dada dan pastikan kulit Ayah atau Bunda bersentuhan dengan si Kecil. Kemudian tutupi badannya dengan baju atau selimut. Lakukan dengan tenang dan hindari mengajak anak bermain. Metode ini juga bisa membantu menstabilkan denyut jantung dan pernafasan si Kecil.

Lakukan skin to skin contact sesering mungkin saat ia demam atau sedang rewel. Skin to skin contact ini juga jadi metode paling mudah untuk menenangkan si Kecil, mulai dari baru lahir hingga ia berusia balita. Jangan lupa perbanyak asupan air putih yang banyak agar si Kecil tidak dehidrasi.

Bunda Tau Kamu Bisa Bantu Bunda, Nak!

Kalau pernah berarti Bunda punya harapan yang besar untuk si Kecil untuk hidup lebih mandiri, khususnya dalam situasi PSBB ini yang menjadi momen yang tepat.

Bunda, Kok Larang Aku Main Keluar Terus, sih?

Ya, memang efek new normal dan PSBB ini kan merubah aktivitas kesehariannya dia, terutama ketika mau main di luar. Tapi pasti Bunda agak bingung juga kan untuk menjawabnya? Ya bukan?