Monday, 30 September 2019

Redakan Cemburu Kakak Dengan Dekapan

Ketika Bunda seharian berkutat dengan adik, ini yang menjadi pemicu kakak menjadi cemburu. Tak jarang, sikapnya muncul dalam bentuk perilaku memukul atau bahkan menyakiti adiknya karena terdorong oleh rasa cemburu kepada adiknya. Bunda perlu segera mencari cara untuk menghalau rasa cemburu ini, karena bila dibiarkan, akan terbentuk perilaku buruk yang menetap.

Untuk mencegah kecemburuan, penting bagi Bunda untuk menanamkan rasa percaya pada Kakak bahwa perhatian Bunda tidak akan berkurang dengan kehadiran adik. Libatkan si kakak dalam kegiatan harian mengurus si adik, misalnya minta ia untuk memilihkan baju, mengambilkan popok, atau mengambilkan bedak.

Bunda juga harus sediakan waktu untuk si Kakak. Luangkan wktu untuk pergi berduaan atau bermain berdua hanya dengan si kakak. Jangan lupa, puji kakak saat membantu Bunda mengasuh adik dan beri dekapan hangat. Dekapan bisa menjadi bahasa tubuh bahwa rasa sayang Bunda sangat besar untuk kakak. Dekapan juga memberi kakak ketenangan dan bebas dari rasa cemas kehilangan perhatian.

Bunda Tau Kamu Bisa Bantu Bunda, Nak!

Kalau pernah berarti Bunda punya harapan yang besar untuk si Kecil untuk hidup lebih mandiri, khususnya dalam situasi PSBB ini yang menjadi momen yang tepat.