Monday, 27 May 2019

Puasa Yuk, Nak!

Dalam usia dini, anak – anak memiliki rasa penasaran yang sangat tinggi, dan akan banyak muncul pertanyaan seputar apa itu puasa, mengapa kita harus berpuasa dan sebagainya. Bunda harus proaktif menjawabnya, dan berikan jawaban yang mudah dipahami oleh anak-anak. Dalam usia ini, anak juga sedang aktif dalam meniru hal-hal yang dilakukan oleh orang – orang terdekatnya, jadi pastikan Ayah & Bunda memberikan contoh yang baik dalam berpuasa ya!

 

Mengajarkan anak untuk berpuasa memang susah-susah gampang, Bunda dapat memulainya dengan mengajak si kecil berpuasa selama beberapa jam saja. Apabila si kecil sudah berhasil melewatinya, Bunda dapat meningkatkan intensitasnya menjadi lebih tinggi, misalnya berpuasa setengah hari. Yang perlu diingat adalah tidak memaksakan si kecil untuk berpuasa satu hari penuh, karena akan berpengaruh terhadap kesehatannya.

 

Pada saat berpuasa, si kecil rawan terkena masuk angin dan perut kembung karena tidak diisi makanan dalam kurun waktu beberapa jam. Untuk mencegahnya, jangan lupa balurkan Cap Lang Kayu Putih setelah mandi & kapanpun dibutuhkan ya Bun, karena kehangatannya akan melindungi si kecil selama berpuasa.

 

Berpuasa tak hanya semata menjadi salah satu cara menjalankan ibadah yang harus Bunda ajarkan kepada si kecil, tapi ternyata berpuasa memiliki manfaat positif lainnya bagi si kecil, terutama dapat menghilangkan pola konsumsi anak yang kurang baik (GTM, Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang kurang sehat – cemilan, dsb) serta mengajarkan si kecil untuk lebih menghargai makanan.

 

Apabila si kecil sudah berhasil melakukan belajar berpuasa, jangan lupa berikan si kecil penghargaan atas apa yang telah dicapainya. Penghargaan dapat berupa pujian karena sudah berhasil berpuasa, maupun Bunda dapat memberikan makanan kesukaanya pada waktu berbuka puasa. Hadiah lain yang si kecil inginkan juga dapat menjadi reward atas keberhasilannya berpuasa. Penghargaan untuk si kecil menjadi penting, untuk menumbuhkan rasa bangga & gembira ketika menjalankan ibadah puasa, sehingga si kecil akan terus mencoba berpuasa dengan baik di hari-hari mendatang.

Bunda Tau Kamu Bisa Bantu Bunda, Nak!

Kalau pernah berarti Bunda punya harapan yang besar untuk si Kecil untuk hidup lebih mandiri, khususnya dalam situasi PSBB ini yang menjadi momen yang tepat.

Tebarkan Hangatnya Cinta Lewat Silaturahmi

Momen lebaran memang menjadi momen yang pas untuk bersilaturahmi. Disini Bunda bisa mengajarkan kebaikan nilai bersilaturahmi seperti selain itu silaturahmi juga baik loh untuk tumbuh kembang si Kecil.