Monday, 15 July 2019

Manfaat Liburan Bersama Keluarga

Liburan bersama keluarga memang menyenangkan ya Bun. Selain bikin hati senang, ternyata liburan bersama keluarga banyak manfaatnya untuk si Kecil loh Bunda.

 

1. Liburan = Belajar.

Pergi ke tempat baru, bertemu dengan orang baru, mengenal kebudayaan baru, menikmati alam dan mensyukuri ciptaanNya, dapat menjadikan pembelajaran baru yang dapat dipetik saat mengajak si Kecil liburan. Ajaklah anak pergi ke beberapa museum, belajar bercocok tanam di tempat agrowisata, atau belajar mengenal budaya di beberapa objek wisata budaya.

2. Mempererat Bonding.

Berlibur bersama keluarga berarti membentuk sebuah tim saat berlibur. Ketika semua anggota keluarga ikut, mereka pasti memiliki keinginan masing-masing saat liburan berlangsung. Entah itu tempat wisata yang ingin dikunjungi, tempat makan yang ingin didatangi, pentas atau suatu acara yang ingin dihadiri, dan lain sebagainya.

Saat liburan bersama berlangsung, akan banyak diskusi yang menyenangkan dengan seluruh anggota keluarga. Cara ini bisa membuat kita lebih mengenal bagaimana cara berpikir satu sama lainnya. Hal-hal tersebut dapat membentuk kerjasama yang mengasyikkan dan membuat solid keluarga.

3. Belajar Problem Solving

Liburan bersama si Kecil memang butuh perencanaan yang matang ya Bun. Mulai dari mempersiapkan baju apa yang akan dikenakan, membuat list perlengkapan berlibur yang akan dibawa, dimana akan menginap, transportasi apa yang akan digunakan, tempat wisata apa saja yang akan dikunjungi, bahkan kapan waktu untuk belanja untuk oleh-oleh. Namun, terkadang liburan yang sudah direncanakan bisa jadi mendapatkan kendala di luar ekspektasi. Sebagai orang tua, saat itu lah peran kita untuk menjadi problem solving.

Dengan seperti itu si Kecil akan melihat dan mengalami bagaimana orangtuanya menjadi pemecah masalah yang dihadapi. Tanyakan juga pendapat si Kecil untuk memecahkan masalah. Di situ si Kecil akan banyak belajar serta menginspirasi mereka untuk bertanya dan meminta pendapat kita sebagai orangtua saat mereka menghadapi suatu masalah.

Jadi, sudah siapkah Bunda merencanakan liburan keluarga? Jangan lupa selalu usapkan Cap Lang Kayu Putih sebelum berpergian atau saat berpergian ke luar agar tetap hangat dan terhindar dari masuk angin.

Bunda Tau Kamu Bisa Bantu Bunda, Nak!

Kalau pernah berarti Bunda punya harapan yang besar untuk si Kecil untuk hidup lebih mandiri, khususnya dalam situasi PSBB ini yang menjadi momen yang tepat.