Wednesday, 23 October 2019

Kembalikan Mood Dengan Dekapan

Di usia balita, mood anak cepat sekali berubah, dan saat mood memburuk, biasanya kadar serotonin dalam tubuh berkurang. Ada beberapa faktor yang memicu mood si Kecil memburuk dan  cara mengatasinya:

 

  1. Si Kecil mengalami hari yang tidak menyenangkan

Rasa frustasi atau kesepian karena dimusuhi teman bermainnya dapat membuat mood-nya berubah, terkadang si Kecil butuh waktu menyendiri dan menenangkan diri sejenak layaknya orang dewasa. Oleh karena itu berikan mereka waktu dan katakan kepadanya bahwa Bunda ada di sampingnya jika ia sudah merasa lebih baik atau membutuhkan Bunda.

 

2. Si Kecil marah namun tidak mengerti cara mengekspresikannya

Usia balita memiliki emosi yang kompleks. Mereka dapat mengekspresikan kekesalan, namun tidak dapat mengutarakannya seperti orang dewasa. Alhasil mood-nya menjadi jelek. Yang Bunda bisa lakukan adalah tanyakan apa yang ia rasakan dengan lembut dan dengarkan penjelasannya agar mood-nya kembali baik.

 

3. Si Kecil ingin mandiri

Ketika si Kecil menginjak usia tiga hingga empat tahun, ia akan lebih banyak menghabiskan waktu dengan mainannya ketimbang orangtuanya. Hal ini kadang mereka lakukan untuk mengetes apakah sifat cueknya akan membuat orangtuanya berubah atau malah tetap memperhatiannya. Tanggapi si Kecil dengan memberikan ciuman atau dekapan pada saat ia akan tidur di malam hari, bukan saat ia sedang bermain. Sehingga ia akan tetap merasa diperhatikan dan disayangi.

 

4. Si Kecil merasa sakit atau tidak enak badan

Saat si Kecil merasa sakit biasanya ia berubah menjadi sensitif dan bisa mudah marah ataupun rewel. Bila si Kecil demam, Bunda bisa berikan dekapan atau kontak skin-to-skin untuk meredakan demam si Kecil.

 

5. Sedang marah meluap-luap.

Terkadang si Kecil mengekpresikan marahnya dengan cara yang berlebihan seperti memukul, menggigit, maupun mendorong apapun yang ia lihat. Bunda bisa atasi dengan menjelaskan bila perilaku tersebut tidak disukai setelah itu berikan ia dekapan hangat, karena dengan dekapan dapat memicu otak untuk melepaskan senyawa serotonin dan endorphin sehingga stres si Kecil redam.

 

Mood yang baik menandakan kesehatan mental yang baik. Yuk, Bunda rajin memberikan dekapan pada si Kecil terutama saat bad mood agar lebih sehat dan bahagia dengan dekapan.

Bunda Tau Kamu Bisa Bantu Bunda, Nak!

Kalau pernah berarti Bunda punya harapan yang besar untuk si Kecil untuk hidup lebih mandiri, khususnya dalam situasi PSBB ini yang menjadi momen yang tepat.