Wednesday, 15 January 2020

Ibu, Berikan Anak Selalu Dekap Hangatmu

Siapa sih yang tidak suka dipeluk? Semua tentunya suka. Tidak hanya suka, namun memang pada
dasarnya, setiap orang membutuhkan pelukan. Terutama saat sedang merasa sedih, kesepian atau
dalam suasana hati yang kurang baik. Pelukan dapat merangsang produksi hormon oksitosin, yang
di antaranya dapat menimbulkan perasaan tenang, dan nyaman.

 
Ketika kita dipeluk orang yang kita sayangi, misalnya dipeluk suami, anak, saudara, atau orang
tua tentunya akan memiliki nilai rasa yang lebih lagi. Pelukan tak hanya mebuat kita merasa tenang
dan nyaman, namun juga menimbulkan rasa dicintai, dipercaya, dan tentu saja meningkatkan rasa
saling terikat. Tak hanya itu, ternyata manfaat pelukan bisa dirasakan tak hanya penerima namun
juga pemberi pelukan.


Menurut Octorina Basushanti - health advisor (bdk. https://m.detik.com/health/berita-
detikhealth/d-4327877/sama-sama-nyaman-dekapan-dan-pelukan-efek-terapinya-beda-lho) "Dekapan sekian detik menimbulkan tingkat kenyamanan, kebahagiaan, dan ketenangan paling tinggi". Dekapan sendiri bisa diartikan sebagai jenis pelukan yang dilakukan dengan cara merengkuh seluruh tubuh lawan bicara. Untuk melakukan dekapan, sangat diperlukan posisi tubuh yang setara. 


Ketika seorang ibu hendak mendekap anaknya, ia perlu memposisikan diri duduk atau jongkok, sehingga anak dan ibu dalam posisi sejajar. Selanjutnya, ibu dapat merengkuh seluruh tubuh anak. Dekapan lembut ibu membuat anak merasa nyaman dan aman. Hal ini menimbulkan ikatan positif antara ibu dan anak. Anak juga lebih mudah dalam mendengarkan dan memahami maksud ibu. Bahwasanya seorang ibu sangat mencintai dan mengasihi anaknya, akan selalu melindungi anaknya, menaruh rasa percaya pada anaknya serta menguatkan anaknya.


Berbagai perasaan positif ingin ibu alirkan kepada anaknya melalui setiap dekap hangatnya. Sebungkus perasaan penuh cinta yang diharapkan dapat menjadi bekal, menguatkan ketika ia merasa lemah, menghangatkan ketika hatinya terasa kosong. Dan akan terus dikenang dan melekat sepanjang masa.


Mari ibu, jangan segan untuk memberi dekapan hangat bagi anak kita, sekarang, nanti, sampai kapan pun. Hangatnya dekapan ibu, selain baik bagi anak, berdampak baik pula bagi jiwa ibu. 

Biarlah kasih ibu mengalir sepanjang masa melalui sentuhan lembut dan dekapan hangat. Seperti minyak kayu putih cap lang yang akan terus memberikan rasa nyaman dan aman dalam setiap sentuhan dan aroma hangatnya.

Bunda Tau Kamu Bisa Bantu Bunda, Nak!

Kalau pernah berarti Bunda punya harapan yang besar untuk si Kecil untuk hidup lebih mandiri, khususnya dalam situasi PSBB ini yang menjadi momen yang tepat.