Monday, 30 September 2019

Hilangkan Cemas Dengan Dekapan

Mereka dapat cemas karena hal tertentu, misalnya karena menghadapi ujian, masuk ke lingkungan baru, atau melihat orang tuanya bertengkar. Sebagai orang tua, mungkin tidak mudah untuk mengetahui apakah si Kecil sedang mengalami kecemasan atau tidak. Karena sering kali, mereka ragu atau malu mengungkapkan apa yang sedang ia rasakan. 

Namun, jika si Kecil sering menangis, menutup diri, menghindari kontak sosial, mengeluh sakit perut atau sakit kepala, sering panik, dan terus-menerus mengkhawatirkan sesuatu, maka itu bisa menjadi tanda si Kecil sedang mengalami kecemasan. 

Saat si Kecil merasa cemas terhadap sesuatu, Bunda tidak boleh meremehkan perasaan tersebut, melainkan harus menghormatinya. Salah satu caranya adalah memberikan ia dekapan hangat seraya berkata, “Bunda tahu kamu takut, tapi tidak apa-apa. Bunda ada di sini sama kamu, semua akan baik-baik saja.” 

Karena dengan mendekap si Kecil, mereka akan memproduksi hormon endorfin dalam tubuh yang mengurangi ketegangan syaraf dan tekanan darah. Ini sebabnya anak yang sering didekap orang tua terhindar dari stres dan rasa cemas. 

Yuk Bund, ajari si Kecil untuk mengenal lebih dalam tentang arti kemerdekaan melalui kegiatan sederhana berikut ini: 

1. Ajak si Kecil mengikuti upacara kemerdekaan secara langsung atau menonton di televisi, sambil jelaskan juga makda di balik upacara tersebut sebagai bentuk syukur atas jasa para pahlawan dan pejuang meraih kemerdekaan. 

2. Libatkan si kecil pada saat Anda hendak memasang bendera merah putih di tiang. Sementara Bunda menurunkan tiang, mintalah si Kecil untuk mengikat tali bendera di lubang yang tersedia pada tiang. Selain mengajarkan si Kecil tentang arti di balik warna bendera merah putih, kegiatan ini juga bisa melatih keterampilan motorik halus jari-jari tangan si kecil. 

3. Ajak si kecil untuk menyanyikan kembali atau mendengarkan lagu-lagu kebangsaan. Sambil menyanyi atau mendengar lagu kebangsaan, Anda dapat menjelaskan makna yang terkandung di balik setiap lagu tersebut.

Bunda Tau Kamu Bisa Bantu Bunda, Nak!

Kalau pernah berarti Bunda punya harapan yang besar untuk si Kecil untuk hidup lebih mandiri, khususnya dalam situasi PSBB ini yang menjadi momen yang tepat.