Friday, 04 May 2018

Gadget teman baikmu bukan monster yang mengerikan

Saya seorang ibu dari 2 jagoanku yang usianya terpaut hampir 6,5tahun. Anak pertamaku terlahir dan tumbuh tanpa mengenal gadget sampai usia 5tahun dan anak ke 2 ku dari usia 1tahun sudah mulai memagang gadget. Saya tidak pilih kasih atau pun membedakan antara mereka berdua tapi perkembangan jaman lah yang membedakan nya, tapi alhamdulilah perkembangan mereka sama tumbuh dengan baik, karena walaupun mengenal gadget tapi alhamdulilah 2 anak ku tidak ketergantungan dengan gadget mereka masing masing. 

Alhamdulilah karena sudah saya terapkan sedini mungkin bahwa gadget adalah suatu benda yang bisa membantu kita bukan menjadikan kita tunduk kepadanya.. Gadget adalah teman baik kalian, tidak hanya untuk bermain game saja tapi bisa juga membantu menambah ilmu,mencari tau apa yang kita perlukan, teman untuk belajar berbahasa asing, membantu menghafal surat surat pendek dalam alquran dll gadget itu banyak manfaatnya dan banyak juga keburukan nya, pintar pintar lah menjadi orang tua untuk mendidik dan mengarahkan anak anak kita, berikan gadget tapi tetap dalam pengawasan kita dan berikan waktu khusus tidak dibebaskan bermain dlama satu hari full karena jika anak ketergantungan dengan gadget dia akan susah bersosialisasi dengna teman nya. Contoh seperti saya anak anak saya izinkan bermain gadget hanya sabtu minggu saja pagi 1jam siang 1jam dan sore 1jam, jd tidak mengganggu jam makan, nonton tv, bermain dengan teman dan waktu tidur. 

Terapkan jadwal dari awal jd anak akan terbiasa dan tidak uring uring an, stelah main biasakan anka menyimpan gadget dilemari. Dan jika hari sekolah dia butuh untuk mencari tahu tentang PR nya saya memperbolehkan dia membuka gadget didepan saya, saya melatih mereka disiplin dan mandiri bukan saya tidak mau membantu mengerjakan tugasnya tetapi berusahalah mencari dahulu jika sudah benar benar tidak mengerti baru saya membantu nya atau terkadang dia mendapatkna jawabannya tapi terlalu panjang saya akna bantu memberikan kesimpulan tapi tetap melibatkna mereka. Jadi gadget untuk anak saya adalah teman baik bukan monster mengerikan yang akan memakan mereka dalam arti menghancurkna masa depan mereka karena ketergaantungan dengna game online atua bahkan situs porno,selalu awasi dan bimbing anak anak dlama menggunakan gadget mereka, jangan sampai terjerumus ke perilaku yang tidak baik, selain itu kita juga harus meluangkan waktu untuk ngobrol dengan mereka agar kita tau perkembangan nya dna merekapun memiliki tempat untuk bercerita dan merasa mereka itu ada dan dibutuhkan oleh orang tua nya, sekian sharing dari saya tentang anak dan gadget,semoga bermanfaat terimakasih

 

Bunda Tau Kamu Bisa Bantu Bunda, Nak!

Kalau pernah berarti Bunda punya harapan yang besar untuk si Kecil untuk hidup lebih mandiri, khususnya dalam situasi PSBB ini yang menjadi momen yang tepat.