Friday, 13 December 2019

Dekapan Kebiasaan Baru Semangat Baru

Sejak saya melahirkan anak keempat tahun lalu, saya jadi memilih memberikan kebiasaan bermain gadget sebagai senjata ampuh untuk membuat ketiga anak saya yang lain tenang sekaligus betah di rumah. Karena waktu saya lebih banyak mengurus anak yang masih bayi. Namun sayangnya, terlalu sering bermain alat canggih tersebut menyebabkan anak-anak saya menjadi kecanduan gadget. Anak-anak lebih sibuk dengan gadgetnya, mudah marah, dan mengamuk. Anak-anak yang harusnya aktif bergerak, menjelajahi lingkungan, berinteraksi dengan teman seumurannya, tapi malah sibuk dengan gadget. Jika terus berlanjut, kemampuan anak-anak untuk bersosialisasi bisa terganggu.  

  Hal ini tidak bisa dibiarkan saya harus bertindak, berikut beberapa hal yang saya lakukan dengan membuat kebiasaan- kebiasaan baru yaitu :

- Menjadi teladan yang baik. Anak-anak belajar dari lingkungan sekitarnya. Jika saya terlihat sering bermain gadget, anak pasti akan mengikuti kebiasaan saya ini. Karena itu saya membuat kebiasaan baru dengan mengatur waktu untuk menggunakan gadget secara bijak, misal saat anak-anak sudah tidur. Selain itu juga membatasi penggunaan gadget, jangan terlalu lama.

- Perbanyak aktivitas di luar atau di dalam rumah. Meningkatkan aktivitas bersama anak di dalam rumah misal makan bersama. Kebiasaan bersepeda atau lari pagi di hari libur, mengajak anak memasak bersama, atau berkunjung ke rumah saudara. Menjadwalkan tiap 2 minggu sekali di akhir pekan pergi liburan ke tempat wisata yang terdekat dengan rumah. Lakukan kegiatan apapun yang membuat anak kembali aktif.

 Yang paling penting dan tak boleh terlupa setiap selesai melakukan kebiasaan-kebiasaan baru tersebut adalah saya memberikan dekapan kepada masing-masing anak. Mengoleskan Cap Lang Kayu Putih yang menghangatkan, membuat anak-anak menjadi merasa lebih diperhatikan dan disayangi. Dengan dekapan juga membuat anak-anak bersemangat beraktivitas dan tidak banyak bermain gadget saja. Anak-anak menjadi mempunyai semangat baru. Yuk jadikan dekapan sebagai kebiasaan baru????.

#DekapHangatSetiapSaat

#CapLangKayuPutih

#CapLangSharenting

Bunda Tau Kamu Bisa Bantu Bunda, Nak!

Kalau pernah berarti Bunda punya harapan yang besar untuk si Kecil untuk hidup lebih mandiri, khususnya dalam situasi PSBB ini yang menjadi momen yang tepat.

Bunda, Kok Larang Aku Main Keluar Terus, sih?

Ya, memang efek new normal dan PSBB ini kan merubah aktivitas kesehariannya dia, terutama ketika mau main di luar. Tapi pasti Bunda agak bingung juga kan untuk menjawabnya? Ya bukan?