Tuesday, 15 October 2019

Dekapan adalah Cara Sederhana untuk Menghangatkan Hubungan Kasih Sayang.

Ada banyak cara untuk mengungkapkan kasih sayang. Bisa dengan kata-kata, melalui perbuatan seperti memberi hadiah, memberikan sinyal, misalnya dengan tatapan penuh kasih dan juga melalui sentuhan yang bisa berupa sebuah dekapan hangat.

 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sebuah dekapan hangat kepada anak memiliki banyak sekali manfaat. Di antaranya dapat meningkatkan rasa percaya diri anak, meningkatkan daya tahan tubuh, memberikan ketenangan, dan mengurangi stres, serta menumbuhkan rasa empati dan kasih sayang anak pada lingkungan sekitarnya.

 

Seorang ahli psikoterapis, Virginia Satir, mengungkapkan bahwa setiap orang memerlukan minimal 4 dekapan setiap harinya. Terkadang karena kesibukan atau anggapan bahwa anak sudah besar, kita sebagai orang tua terlupa untuk mendekap sang buah hati. Ini saya alami sendiri. Ketika anak kedua saya lahir, hampir sebagian besar perhatian saya tercurah untuk mengurus Adik yang masih bayi. Ditambah dengan anggapan saya bahwa usia Kakak sudah besar, saya semakin jarang mendekapnya. Hal ini sedikit banyak berdampak pada kedekatan kami berdua, Kakak mulai jarang bercerita pada saya padahal sebelumnya kami selalu menghabiskan waktu bersama.

 

Akhirnya saya mulai berusaha membangun kembali hubungan kasih sayang kami yang sempat merenggang. Salah satu caranya adalah dengan rutin memberikan dekapan hangat untuk Kakak setiap hari. Dimulai dari saat bangun pagi, di mana terkadang Kakak malas bangun atau bangun dengan merengek-rengek, saya selalu menyapanya dengan lembut sembari tersenyum dan mendekapnya untuk beberapa waktu. Cara ini sangat efektif untuk mengembalikan mood-nya untuk kembali bersemangat berangkat sekolah. Sepulang sekolah, saya menyambut dengan dekapan dan mendengarkannya bercerita dengan semangat mengenai kejadian di sekolah tadi.

 

Waktu tidur malam adalah momen favorit kami berdua. Sebelum tidur, saya membantu Kakak bersih-bersih, tidak lupa mengoleskan Minyak Kayu Putih Cap Lang agar Kakak merasa hangat dan nyaman di waktu tidur, kemudian mendekapnya sambil membacakan sebuah cerita hingga akhirnya dia terlelap. 

 

Ternyata benar Bunda, dekapan adalah cara sederhana untuk menghangatkan hubungan kasih sayang. Tak membutuhkan waktu yang lama, hubungan kami berdua yang sempat merenggang kembali hangat. Bunda, sudahkah memberi dekapan hangat untuk ananda hari ini?

 

#DekapHangatSetiapSaat

#CapLangKayuPutih

#CapLangSharenting

 

Bunda Tau Kamu Bisa Bantu Bunda, Nak!

Kalau pernah berarti Bunda punya harapan yang besar untuk si Kecil untuk hidup lebih mandiri, khususnya dalam situasi PSBB ini yang menjadi momen yang tepat.