Friday, 22 November 2019

Dahsyatnya Kekuatan Sebuah Pelukan

Begitu banyak artikel yang membahas tentang manfaat pelukan kepada anak ya, Bunda, karena nyatanya memang sangat banyak manfaatnya. Pada menit2 pertama bayi lahir di dunia, ia akan diletakkan di atas perut ibunya. Lalu secara perlahan dia merangkak sendiri mencari puting susu ibu. Atau istilahnya biasa kita sebut dengan IMD (Inisiasi Menyusu Dini). Kalau kita lihat cara melakukan IMD, yakni seperti ibu yang sedang memeluk atau mendekap anaknya. Pada saat melakukan IMD ini ternyata bayi akan merasa hangat, pernafasan tenang dan juga detak jantung bayi menjadi stabil. Hal ini akan mencegah bayi mengalami hipotermi (suhu tubuh rendah) dan juga hipoglikemi (kadar gula darah rendah) saat baru lahir ..

Logikanya bayi yang baru lahir yang notabene syaraf2 nya belum tersambung sempurna, perasaan dan logikanya belum bekerja secara optimal saja bisa mendapat manfaat yang luar biasa dengan sebuah pelukan, apalagi anak2 yang sudah lebih sempurna perasaan dan logikanya. Anak2 membutuhkan stimulasi sensorik untuk perkembangannya. Dan sentuhan fisik berupa pelukan adalah salah satu stimulasi penting yang diperlukan untuk pertumbuhan otak yang sehat dan tubuh yang kuat. Bahkan saya meyakini bahwa pelukan dapat 'menetralisir' sakit pada anak.

Satu cerita, anak saya tipe anak yang kalau sakit paling tidak mau minum obat. Saat itu badannya panas sekali. Sebagai ibu pasti bingung ya kalau anak sakit, apalagi tidak mau minum obat sama sekali. Dikompres pun tidak mau. Reflek saat itu anak saya peluk dan saya gendong. Bersyukur karena panasnya berangsur2 turun. Setelah saya cari penjelasannya, ternyata memang anak yang sedang dipeluk akan mengeluarkan hormon oksitosin. Hormon oksitosin sendiri dikaitkan dengan kebahagiaan sehingga anak menjadi sehat. Bahkan dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa pelukan dapat membantu meningkatkan kesehatan lho, Bunda. Jadi sekarang saya tidak khawatir lagi kalau anak lagi sakit.

Tips dari saya kalau anak lagi sakit : 

1. Mulai sekarang kalau si Kecil lagi sakit jangan panik ya Bunda, karena ternyata sakitnya si Kecil bisa di atasi dengan memeluk dan menggendongnya.

2. Terapi dekapan atau skin to skin antara ibu dan anak terbukti sangat efektif untuk memberikan rasa nyaman pada mereka. Anak akan merasa terlindungi dan aman saat berada di dekapan Bundanya.

3. Jangan lupa selalu oleskan minyak kayu putih CAPLANG sepanjang hari terutama setiap tidur. Si Kecil tidurnya akan nyenyak karena badannya hangat. Dan kalau tidurnya cukup dan berkualitas, kesehatannya akan lebih cepat pulih. Esok haripun pasti ceria dan menyenangkan baginya.

4. Sering2 memeluk si Kecil juga menurunkan intensitas sakit pada anak. Karena pelukan dapat melindungi si Kecil dari penyakit. Bahkan ada penelitian yang menyebutkan bahwa berpelukan dapat mengurangi kemungkinan anak jatuh sakit. 

Jadi, berapa banyak pelukan yang kita berikan kepada anak agar kesehatannya optimal ? Kalau menurut saya kita harus memeluk anak sesering mungkin jika kita ingin mendapatkan manfaat yang maksimal. Yuuk Bunda, jangan lupa untuk selalu memeluk anak2 kita setiap hari ya, agar anak kita tumbuh menjadi generasi yang sehat kuat dan hebat.

Dan sebegitu dahsyatnya ternyata kekuatan sebuah pelukan ..

 

#DekapHangatSetiapSaat

#CapLangSharenting 

 

Bunda Tau Kamu Bisa Bantu Bunda, Nak!

Kalau pernah berarti Bunda punya harapan yang besar untuk si Kecil untuk hidup lebih mandiri, khususnya dalam situasi PSBB ini yang menjadi momen yang tepat.