Thursday, 19 August 2021

Cara Mengajari si Kecil Meminta Tanpa Memaksa

Bunda suka pusing gak kalau si Kecil ngambek karena pingin sesuatu dan harus dapat saat itu juga? Kadang dia malah sampai tantrum gitu.

 

Kalau Bunda merasa, "aduh iya, anakku lagi hobi kayak gini", nah ini artinya dia harus diajari cara meminta tanpa memaksa.

 

Begini Bun, cara ngajarinnya:

 

1. Beri pemahaman mana yang bisa dinego dan mana yang tidak. Tapi kalau Bunda diajak nego sama si Kecil juga harus mau, jangan semuanya harus saklek kata Bunda.

 

2. Ajari dan latih sikap menghargai. Hargai dan syukuri apa yang didapat, semua ada rezekinya masing-masing.

 

3. Berikan pengertian mengapa si Kecil tidak bisa mendapatkan semua yang diinginkan

 

4. Ajarkan menabung. Karena dengan menabung, ia bisa belajar bagaimana cara mengontrol keinginannya.

 

5. Terapkan sistem poin yang bisa ditukar dengan hadiah tertentu. Misalnya kalau si Kecil makan sayurnya habis, dapat 10 poin. Kalau pakai baju sendiri, dapat 25 poin. Nanti kalau sudah 100 poin, dia boleh makan es krim.

 

Memang ini butuh proses pembiasaan dan awal-awal pasti dia akan ngambek dulu. Tapi jangan putus semangat dulu, Bun. Pelan-pelan ajari, beri contoh, dan beri si Kecil pengertian tentang apa yang seharusnya dilakukan kalau dia pingin sesuatu.

 

Di sini, Bunda juga harus belajar disiplin. Kalau si Kecil ngambek, Bunda harus kuat iman buat nahan diri biar gak langsung ngasih apa yang si Kecil mau.

 

Hayo... Siapa Bunda di sini yang suka luluh kalau si Kecil ngambek?

 

#KeluargaCapLang

#CapLangKayuPutih

#CapLangKayuPutihPlus

#HangatnyaMelindungi