Thursday, 30 April 2020

Cara Membuat Masker Sederhana

Bunda sudah tau belum sekarang siapa saja disarankan menggunakan masker terutama jika bepergian ke luar rumah?

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyampaikan bahwa menggunakan masker jika berkegiatan di luar rumah juga salah satu rekomendasi cara melindungi diri dari penularan virus corona dari mereka yang tanpa gejala. Namun masker medis saat ini sangat dibutuhkan oleh para tenaga medis, jadi jangan sampai deh stok masker medis makin menipis di pasaran

 

Solusinya lebih baik kita membuat masker sendiri dari bahan-bahan yang ada di rumah. Para peneliti menemukan, masker buatan ini efektivitasnya sepertiga dari efektivitas dengan menggunakan masker bedah. Bahkan, masker buatan sendiri secara signifikan mengurangi jumlah penyebaran virus.

 

Membuat masker pun harus juga diperhatikan, dengan ukuran yang pas di mulut dan hidung berbagai partikel tidak bisa masuk melalui celah yang ada. Kemudian, bahan dengan lapisan luar yang halus, lapisan tengah yang tebal, dan dijalin dengan erat seperti nilon atau kapas. Disarankan untuk tidak menggunakan wol atau kain lain yang dapat menyebabkan alergi dan iritasi kulit.

 

Tanpa berlama-lama lagi yuk kita siapkan bahan-bahannya :

 

  1. Kain katun (kaos, dll), atau kain mikrofiber

  2. Tali

  3. Gunting

 

Setelah semua bahan telah siap, tonton video di atas untuk langkah-langkah membuat masker sendiri di rumah. 

 

Semoga bermanfaat!

Bunda Tau Kamu Bisa Bantu Bunda, Nak!

Kalau pernah berarti Bunda punya harapan yang besar untuk si Kecil untuk hidup lebih mandiri, khususnya dalam situasi PSBB ini yang menjadi momen yang tepat.