Monday, 30 September 2019

Cara Jitu Ajari Si Kecil Semangat Kemerdekaan

Yuk Bund, ajari si Kecil untuk mengenal lebih dalam tentang arti kemerdekaan melalui kegiatan sederhana berikut ini:

1. Ajak si Kecil mengikuti upacara kemerdekaan secara langsung atau menonton di televisi, sambil jelaskan juga makda di balik upacara tersebut sebagai bentuk syukur atas jasa para pahlawan dan pejuang meraih kemerdekaan.

2. Libatkan si kecil pada saat Anda hendak memasang bendera merah putih di tiang. Sementara Bunda menurunkan tiang, mintalah si Kecil untuk mengikat tali bendera di lubang yang tersedia pada tiang. Selain mengajarkan si Kecil tentang arti di balik warna bendera merah putih, kegiatan ini juga bisa melatih keterampilan motorik halus jari-jari tangan si kecil.

3. Ajak si kecil untuk menyanyikan kembali atau mendengarkan lagu-lagu kebangsaan. Sambil menyanyi atau mendengar lagu kebangsaan, Anda dapat menjelaskan makna yang terkandung di balik setiap lagu tersebut.

4. Menghapal nama-nama pahlawan dan ceritakan kisah perjuangannya. Cara ini akan membantu si kecil mengenal para tokoh pahlawan yang pernah berjuang bagi kemerdekaan bangsa Indonesia.

5. Ajak Si Kecil untuk mengikuti perlombaan di sekolah atau komplek tempat tinggal.

Dengan mengenalkan makna kemerdekaan melalui kegiatan-kegiatan sederhana di atas, Anda tak hanya memberinya motivasi untuk menghargai perjuangan para pahlawan Indonesia, tetapi juga membantunya menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme.

Bunda Tau Kamu Bisa Bantu Bunda, Nak!

Kalau pernah berarti Bunda punya harapan yang besar untuk si Kecil untuk hidup lebih mandiri, khususnya dalam situasi PSBB ini yang menjadi momen yang tepat.

Bunda, Kok Larang Aku Main Keluar Terus, sih?

Ya, memang efek new normal dan PSBB ini kan merubah aktivitas kesehariannya dia, terutama ketika mau main di luar. Tapi pasti Bunda agak bingung juga kan untuk menjawabnya? Ya bukan?