Monday, 19 October 2020

Bunda Tau Kamu Bisa Bantu Bunda, Nak!

Pernahkah ini terngiang-ngiang di pikiran Bunda di rumah?

 

Kalau pernah berarti Bunda punya harapan yang besar untuk si Kecil untuk hidup lebih mandiri, khususnya dalam situasi PSBB ini yang menjadi momen yang tepat.

 

Lalu, jangan biarkan curahan hati ini ada di kepala! Coba untuk pelan-pelan ajarkan si Kecil untuk menjadi pribadi yang mandiri. Untuk itu, coba untuk lakukan cara yang efektif seperti berikut:

 

1. Kasih tanggung jawab dengan memberikan tugas-tugas ringan seperti mencuci piring atau membuang sampah pada tempatnya. Ajari bahwa si Kecil bahwa apa yang ia kerjakan berguna bagi keluarga.

2. Bukan selalu Bunda dan Ayah yang mengambil keputusan, coba rangsang dan ajari si Kecil untuk berpikir untuk membuat keputusannya sendiri, khususnya dalam hal-hal yang tidak terlalu berat.

3. Kurangi terlalu menggurui, biarkan si Kecil melakukan kesalahan sehingga dia bisa belajar dan berusaha untuk tidak mengulanginya lagi. Ingat bahwa kegagalan adalah kesuksesan yang masih tertunda.

4. Bebaskan si Kecil untuk mencari solusinya sendiri dalam hal-hal tertentu. Berpikir secara mandiri dan tidak bergantung pada orang lain adalah awal untuk memperoleh keberhasilan di kemudian hari.

 

Kalau cara Bunda untuk membuat si Kecil lebih mandiri di rumah seperti apa? Mulai ceritakan yuk di kolom komentar! :)

 

#CegahHindariAtasi

#CapLangSharenting

#KeluargaCapLang

#CapLangKayuPutih

#HangatnyaMelindungi

#MinyakKayuPutihCapLang

Si Kecil Rindu Teman-Temannya Saat Sekolah Online?

Karena kondisi ini, sekolah online pun adalah satu-satunya cara si Kecil untuk belajar. Rasa keterasingan dari teman-temannya yang biasa dia temui bisa saja membuatnya bosan dan bikin patah semangat.