Monday, 05 October 2020

Bunda, Kok Larang Aku Main Keluar Terus, sih?

Nah!

Mungkin celotehan si Kecil seperti ini sering diucapkan ke Bunda tidak? Ya, memang efek new normal dan PSBB ini kan merubah aktivitas kesehariannya dia, terutama ketika mau main di luar. Tapi pasti Bunda agak bingung juga kan untuk menjawabnya? Ya bukan?

Tanpa harus menggurui atau sebaliknya tak memberikan nasehat, mungkin Bunda sebaiknya bisa jawab dengan sederhana seperti ini:

1. Si Kecil: ‘’Bunda kok larang aku keluar terus sih? Kan aku pengen main di luar sebentar.’’

Bunda bisa jawab, ‘’Kan new normal dan PSBB-nya belum selesai nak.’’ :)

Kasih tahu si Kecil untuk lebih perhatian dengan sekitar dan sadar akan situasi yang kita hadapi saat ini agar ia mengerti dan lebih mawas diri tanpa harus menggurui secara berlebihan.

 

2. Si Kecil: ‘’Tenang kok aku mainnya gak jauh-jauh.’’

Bunda bisa jawab, ‘’Iya nak, tapi jangan dekat-dekat sama orang juga.’’

Yang paling penting, sadarkan dan ajarkan si Kecil untuk menjaga jarak dari orang di sekitar agar mengurangi risiko penularan dengan memastikan dia berada tidak terlalu jauh dari rumah. Sehingga kehadiran si Kecil lebih terjangkau oleh Bunda.

 

3. Si Kecil: ‘’Kan aku juga udah pakai masker!‘’

Bunda bisa jawab, ‘’Betul pakai masker, tapi bukan berarti kamu bisa lama-lama di luar ya nak, coba lihat teman kamu di rumah sebelah? Gak bisa keluar lama-lama juga kan?‘’ :)

Sekali lagi edukasi si Kecil untuk lebih mengerti atas situasi pembatasan sosial yang dialami kita bersama. Bunda bisa kasih contoh bahwa bukan hanya dia saja yang tidak bisa lama-lama di luar, tapi teman tetangganya pun juga tidak bisa terlalu lama keluar rumah.

 

#CegahHindariAtasi

#CapLangSharenting

#KeluargaCapLang

#CapLangKayuPutih

#HangatnyaMelindungi

#MinyakKayuPutihCapLang

Bunda Tau Kamu Bisa Bantu Bunda, Nak!

Kalau pernah berarti Bunda punya harapan yang besar untuk si Kecil untuk hidup lebih mandiri, khususnya dalam situasi PSBB ini yang menjadi momen yang tepat.