Tuesday, 24 November 2020

Bunda, Jangan Katakan Ini Pada si Kecil, ya!

Nah ini dia!

Mungkin beberapa dari Bunda sudah sering mengatakan ini tanpa disadari, tetapi kalau terus mengucapkan itu akan memberikan dampak yang buruk bagi si Kecil lho!

Bunda memang punya niat yang baik untuk membenarkan, tetapi ada cara parenting yang dan benar untuk si Kecil.

Yuk, Bunda mulai biasakan mengucapkan kata-kata seperti di bawah ini!
Dijamin, pasti reaksi dari si Kecil berbeda:

1. ‘’Jangan kenceng larinya nanti jatuh lho’’

Coba dengan berkata ‘’Yuk, jalan ditemani Bunda’’. Hal ini akan membangkitkan rasa kepercayaan si Kecil bahwa Bunda selalu berada di dalam setiap langkahnya.

2. ‘’Jangan pegang apa-apa ya’’
Mungkin akan lebih baik dengan ‘’kalau mau pegang-pegang izin dulu ya nak!‘’. Mengajari si Kecil untuk bertanggung jawab itu baik, tapi juga harus dengan cara yang persuasif ya Bunda. Kalau pakai cara yang persuasif nanti dia akan ngerti sendiri kok. :)

3. ‘’Makannya jangan berantakan dong!‘’
Bunda bisa buat alternatif lain seperti ‘’kita main game yuk, kalau kamu makan nggak berantakan Bunda kasih hadiah‘’, berikan semacam reward atas pencapaian yang si Kecil Lakukan agar ia cepat mengerti. Tapi jangan keseringan juga ya Bunda, coba ajari juga untuk melakukan sesuatu tanpa pamrih. :)

4. ‘’Kamu jangan cengeng ya!‘’

Coba katakan ‘’Cup cup cup kok anakku nangis? Cerita dong sama Bunda’’. Ingat bahwa Bunda adalah cerminan si Kecil, coba ajari dia dengan penuh kelembutan dan jadilah teman curhatnya. Membuatnya untuk tidak menangis malah memberikan dampak yang tidak baik untuk si Kecil secara mental. Karena menangis adalah hal yang manusiawi dan dialami setiap orang dalam hidupnya.

Bunda ada contoh lain? Kasih tahu kita di kolom comment ya! :)

#CapLangSharenting
#KeluargaCapLang
#CapLangKayuPutih
#CapLangKayuPutihPlus
#HangatnyaMelindungi
#MinyakKayuPutihCapLang
#KeluargaTerlindungi