Tuesday, 23 February 2021

Bangun Empati si Kecil Pakai Cara Ini, yuk, Bun!

Karena si Kecil masih dalam masa pertumbuhan, justru inilah momen tepat bagi kamu Bun untuk lebih aware dan merangsang rasa empati dia terhadap orang di sekitarnya.
 
Memang untuk melatih si Kecil gak mudah & tidak perlu tergesa-gesa banget, biarkan proses berjalan sedikit demi sedikit agar si Kecil lebih meresap pengertiannya.
 
Mungkin kamu bisa coba pakai cara seperti ini Bun:
 
1. Ajari si Kecil untuk mengatasi emosi negatif. Beritahu bahwa berpikir negatif secara terus-menerus dapat merugikan ia sendiri. Coba dorong si Kecil untuk berkepala dingin dan kelola emosi dalam menyelesaikan solusi.
 
2. Ajarkan untuk bilang ke Bunda apabila punya perasaan tidak baik. Buktikan kalau Bunda yang selalu menemani merupakan orang yang tepat untuk curhat layaknya seorang teman.
 
3. Berikan contoh yang baik dari Bunda & Ayah. Ingat bahwa dampak tingkah laku orang tua berpengaruh dalam perilaku anak.
 
4. Kasih tahu si Kecil bahwa mengejek adalah perbuatan yang tidak terpuji. Coba untuk ajari saling menyayangi dan saling menghargai dalam pertemanan.
 
5. Lakukan meditasi untuk melatih rasa empati. Ketenangan dalam diri adalah kunci dalam membangun rasa peka dengan lingkungan sekitar.
 
Kalau Bunda, cara bangun empati untuk si Kecil seperti apa? Coba ceritakan ke kita di comment yaah! ????
 
#KeluargaCapLang
#CapLangKayuPutih
#CapLangKayuPutihPlus
#HangatnyaMelindungi