Tuesday, 13 August 2019

Bagaimanakah Bunda Harus Bersikap Ketika Nilai Rapor Si Kecil Menurun?

  • Berikan Apresiasi Atas Pencapaiannya.

Bunda tetap berikan apresiasi kepada si Kecil ya Bunda, seperti mengatakan pada si Kecil bahwa ia sudah berusaha keras. Sehingga si Kecil merasa apa yang sudah ia lakukan, tidak sia-sia meskipun nilainya masih perlu ditingkatkan.

  • Ajak Si Kecil Berfikir Sendiri.

Berikan si Kecil pertanyaan yang bisa membuatnya merefleksikan diri. Misalnya: “Menurut kamu, nilai rapormu sudah termasuk baik?” atau “Kamu sudah puas dengan nilai rapormu? Atau seharusnya bisa kamu perbaiki lagi?". Hindari pertanyaan-pertanyaan yang negatif.

  • Jadilah Pendengar Yang Baik.

Ada kalanya si Kecil hanya ingin didengarkan. Luangkan waktu untuk mendengarkan penjelasan si Kecil. Semakin baiknya komunikasi, menjadikan anak lebih nyaman untuk bercerita kepada Bunda tentang apa yang ia alami, apa yang membuatnya susah memahami materi pelajaran, atau apa yang menyebabkan nilai rapornya jelek.

  • Dekap Si Kecil.

Karena sebenarnya hanya dekapan lah yang diperlukan si Kecil untuk menstabilkan emosinya, saat ia mendapatkan hasil rapor dengan nilai yang kurang memuaskan, bukan omelan dari Bundanya. Dengan mendekapnya, si Kecil merasa dicintai dengan kondisi apapun.

 

Karena itu, hasil ujian buruk bukanlah petaka. Jangan lupa mendekapnya dengan tulus agar ia tenang dan nyaman.

Bunda Tau Kamu Bisa Bantu Bunda, Nak!

Kalau pernah berarti Bunda punya harapan yang besar untuk si Kecil untuk hidup lebih mandiri, khususnya dalam situasi PSBB ini yang menjadi momen yang tepat.