Wednesday, 27 May 2020

Ajak si Kecil Berpuasa dan Beribadah Bersama

Mengajarkan cara berpuasa dan menjalankan ibadah bersama sejak dini sangat disarankan loh Bun. Memang sudah menjadi tugas Bunda mengajak si Kecil untuk mulai berpuasa dan beribadah. 

 

Nah untuk mengajak si Kecil pastinya dengan cara yang ringan dan juga menyenangkan agar mudah dimengerti. Selain itu tidak hanya berpuasa yang dipelajari, tapi juga belajar menahan diri atau menguasai ego sejak kecil. Ada beberapa tips yang bisa Bunda praktekkan untuk melatih si Kecil puasa, seperti:

 

  1. Tidur dan bangun lebih awal.

Majukan jam tidur si Kecil lebih awal, agar saat sahur mudah untuk dibangunkan. Dan biasakan untuk melakukannya hingga mengerti pola sahur di kemudian hari. 

  1.  Berikan asupan yang bergizi. 

Selain susu pastikan asupan protein dan zat besi tercukupi. Jadi tidak hanya karbohidrat yang berlebihan, karena hanya membuat si Kecil lemas dan mudah ngantuk di siang hari. 

  1. Jauhkan cemilan/makanan/minuman pada siang hari.

Selama puasa berlangsung, hindari meletakkan makanan di meja atau tempat yang terlihat oleh anak untuk membiasakan mereka menghadapi bulan puasa dan mengerti bahwa mereka tidak bisa makan selama berpuasa.

  1. Rutin mengajak beribadah dan menceritakan kisah Nabi.

setiap waktu beribadah biasakan untuk si Kecil juga ikutan, dan setelahnya menjelaskan kisah-kisah menarik seputar agama. 

  1. Berikan hadiah.

Di akhir sebagai tanda keberhasilan si kecil belajar puasa, beri dirinya apresiasi dengan cara memberikan hadiah yang dia suka. 

 

Sekian tips ajak si Kecil untuk menjalankan Ibadah puasa.

Semoga bermanfaat!

Bunda Tau Kamu Bisa Bantu Bunda, Nak!

Kalau pernah berarti Bunda punya harapan yang besar untuk si Kecil untuk hidup lebih mandiri, khususnya dalam situasi PSBB ini yang menjadi momen yang tepat.