Friday, 02 August 2019

5 Trik Persiapan Menyambut Hari Pertama Sekolah si Kecil

Hari pertama si Kecil masuk sekolah terkadang membuat kita sebagai orangtua jadi deg-degan ya Mom. Pikiran melayang takut kalau si Kecil menangis di kelas dan masih banyak kekhawatiran lainnya. Lingkungan yang masih asing tentunya kerap membuat Anak merasa takut dan tidak percaya diri. Untuk itu, kita harus melakukan persiapan dulu ni Mom agar permasalahan tersebut bisa terminimalisir saat Hari Pertama sekolah tiba. Yuk simak triknya:

Pertama
Kenalkan lingkungan sekolah sebelum masuk sekolah tiba.

Persiapan ini saya lakukan juga kemarin. Ajak si Kecil untuk melihat sekolahnya dan menikmati ruangan serta permainan di sekolah. Tanyakan pendapatnya dan katakan sekolah ini adalah tempat bermain dan belajarnya besok. Trik ini akan membuat si Kecil belajar untuk mengenal lingkungannya nanti.

Kedua
Berikan afirmasi positif untuk si Kecil, tentunya dengan kata-kata seusianya ya Mom.
Ajak si Kecil mengobrol dari hati ke hati bahwa sekolah itu menyenangkan dan mengasyikkan. Mom juga bisa memperlihatkan video tentang kegiatan di sekolah. Gunakan nada antusias agar si Kecil ikut bersemangat seperti,
"Wah..besok kakak mau nyanyi dan dancing di sekolah lo sama teman2, pasti seru banget. Ayo sekarang dancing sama Bunda, besok teman2nya diajak ya."

Ketiga
Ajak si Kecil untuk mempersiapkan perlengkapan sekolahnya.

Libatkan anak untuk belajar meletakkan sepatu yang ingin dipakai di dekat pintu, memasukkan buku dll. Berikan pujian jika si Kecil telah melakukannya dengan baik, seperti "Waa tas kakak sudah rapi, hebat..jadi gak sabar besok sekolah ya.."

Keempat
Ajak si Kecil untuk tidur lebih cepat agar dapat bangun lebih awal.

Tidur yang cukup akan membuat mood si Kecil di pagi hari akan lebih baik.

Kelima

Antar dan dampingi si Kecil di Hari Pertamanya ya Mom sebelum jam belajarnya tiba.

Ajarkan ia untuk berkenalan dengan teman-teman sekelas, guru dan lingkungan sekitarnya. Jika si Kecil rewel, berikan pelukan dan bisikkan kata-kata penenang di telinganya. Hindari memarahi anak ketika rewel saat sedang ramai orang ya Mom karena membuat moodnya semakin buruk.

Itulah 5 trik persiapan dari pengalaman pribadi saya saat menyambut Hari Pertama sekolah anak saya masuk Playgroup kemarin. Sempat ada drama juga, namun bisa teratasi dengan pelukan hangat dan kecilku langsung bermain lagi dengan teman-temannya. Semoga Hari Pertama sekolah si Kecil Mom juga bisa menyenangkan ya. :)

Bunda Tau Kamu Bisa Bantu Bunda, Nak!

Kalau pernah berarti Bunda punya harapan yang besar untuk si Kecil untuk hidup lebih mandiri, khususnya dalam situasi PSBB ini yang menjadi momen yang tepat.