Saturday, 06 June 2020

4M Usir Nyamuk DBD

Virus Corona memaksa kita untuk tetap di rumah saja. Tapi, sadarkah Bunda bahwa meski kita di rumah saja, masih ada bahaya yang mengintai Bunda sekeluarga. Apakah itu?

Waspada bahaya demam berdarah Bunda. Faktanya, menurut laporan Kementerian Kesehatan, di Indonesia telah terjadi lebih dari 49 ribu kasus demam berdarah selama tahun 2020 dan memakan korban jiwa hingga 331 orang*.

Makanya di tengah pandemi seperti ini, Bunda tidak boleh lengah. Demam berdarah disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti, yang aktif pada pagi hari 2 jam setelah matahari terbit dan sore hari, 2 jam sebelum matahari terbenam.

Nyamuk Aedes aegypti bisa terbang hingga 400 m dari sarangnya, sehingga tak hanya rumah saja yang bersih, tapi lingkungan sekitar juga harus bersih.

Lalu bagaimana caranya agar nyamuk demam berdarah tidak merajalela? Cegah demam berdarah dengan rutin melakukan 4M. Menguras atau membersihkan tempat penampungan air, mengubur benda-benda atau sampah yang tidak terpakai, menutup wadah air, serta jangan lupa selalu mengusapkan Cap Lang Kayu Putih di pagi hari, siang hari, sore hari dan malam sebelum tidur ya Bunda agar si Kecil terlindungi secara optimal.

*Sumber: Kompas.com