Friday, 22 November 2019

3 Alasan Penting Kenapa Dekapan itu Menyehatkan

Tahukah Bunda, suatu ketika, seorang ibu bernama Kate Ogg melahirkan sepasang bayi kembar prematur. Kebahagiaan Kate Ogg yang baru saja mendapatkan karunia sepasang bayi kembar tiba-tiba berubah menjadi awan kelabu tatkala dokter mengatakan bahwa salah satu dari bayi kembarnya tidak bisa diselamatkan. Kate kemudian menangis sambil mendekap bayinya selama 2 jam, dan ajaib, bayi tersebut mulai bergerak dan bernafas kembali.

Ya, keajaiban sebuah pelukan memang tak hanya bisa mengalirkan kehangatan, tapi bahkan bisa mengembalikan sebuah kehidupan. Ada banyak alasan kenapa orang tua harus lebih banyak mendekap dan memeluk si Kecil, terutama dalam hal kesehatan.

  • Menyehatkan Fisik

Anak yang sering mendapatkan dekapan atau pelukan dari orangtuanya, cenderung memiliki fisik yang lebih sehat. Saat mendekap si Kecil, hormon oksitosin akan dikeluarkan sehingga ketegangan serta stres yang dialami anak akan menurun, sehingga resiko penyakit jantung pada anak bisa dicegah. Anak yang sering mendapat pelukan juga akan jarang terinfeksi penyakit.

Pelukan atau dekapan juga bisa melemaskan otot yang tegang serta mengatasi rasa sakit, sehingga tubuh akan lebih rileks dan badan akan lebih sehat. Seperti ketika si Kecil sedang sakit atau suhu tubuhnya tinggi, salah satu yang bisa membuat tubuhnya merasa nyaman dan lebih sehat adalah dekapan.

  • Menyehatkan Mental

Apakah anak bisa mengalami stres? Ya, tentu saja bisa. Anak bisa mengalami hal-hal yang tidak nyaman dalam dirinya, hanya saja ia belum bisa mengungkapkannya. Di sinilah peran orang tua untuk bisa selalu menjaga mental si Kecil, salah satunya dengan memberikan dekapan sesering mungkin.

Dekapan memiliki manfaat untuk menyeimbangkan kondisi kejiwaan. Sentuhan antar kulit, akan mengantarkan kelembapan serta reaksi listrik pada kulit sehingga menjadikan kondisi mental si Kecil jadi lebih seimbang.

  • Meningkatkan Energi Kehidupan

Satu buah pelukan serupa dengan meditasi, lho, karena ketika melakukan sebuah pelukan atau dekapan. Beban serta masalah yang sedang dihadapi si Kecil akan menurun, dan energi kehidupan akan meningkat. Si Kecil merasa sedih atau marah? Segera peluk dan dekaplah.

Nah, itulah 3 alasan penting kenapa dekapan itu menyehatkan. Ayo lebih sering mendekap si Kecil tanpa diminta, di mana saja, kapan saja. Karena bagi anak, dekapan bukan hanya sekadar tubuh yang begitu dekat, tapi ada cinta yang begitu lekat.

Bunda Tau Kamu Bisa Bantu Bunda, Nak!

Kalau pernah berarti Bunda punya harapan yang besar untuk si Kecil untuk hidup lebih mandiri, khususnya dalam situasi PSBB ini yang menjadi momen yang tepat.